Almusthofagroup's Blog

Just another WordPress.com weblog

Memanjatkan Sholawat 3 Desember 2009

Filed under: Manfaat Sholawat — almusthofagroup @ 1:31 pm
Tags: ,

Kita senantiasa memanjatkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad Rasulullah:

وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ اللهِ

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Sayyidina Muhammad Rasulullah

Allah SWT berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيما

Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalawat salamlah kepadanya. (QS Al-Ahzab 33: 56)

Shalawat dari Allah berarti rahmat. Bila shalawat itu dari Malaikat atau manusia maka yang dimaksud adalah doa.

Sementara salam adalah keselamatan dari marabahaya dan kekurangan.

Tidak ada keraguan bahwa membaca shalawat dan salam adalah bagian dari pernghormatan (tahiyyah), maka ketika kita diperintah oleh Allah untuk membaca shalawat -yang artinya mendoakan Nabi Muhammad- maka wajib atas Nabi Muhammad melakukan hal yang sama yaitu mendoakan kepada orang yang membaca shalawat kepadanya. Karena hal ini merupakan ketetapan dari ayat:

فَحَيُّواْ بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

Maka lakukanlah penghormatan dengan penghormatan yang lebih baik atau kembalikanlah penghormatan itu. (QS. An Nisa’: 86)

Doa dari Nabi inilah yang dinamakan dengan syafaat. Semua ulama telah sepakat bahwa doa nabi itu tidak akan ditolak oleh Allah. Maka tentunya Allah akan menerima Syafaat beliau kepada setiap orang yang membaca shalawat kepadanya.

Banyak sekali hadits yang menjelaskan keutamaan membaca shalawat kepada Nabi. Diantaranya:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ فِي كِتَابٍ لَمْ تَزَلِ الْمَلَائِكَةُ تَسْنَغْفِرُ لَهُ مَا دَامَ اسْمِي فِي ذَلِكَ الْكِتَابِ

Barangsiapa berdoa (menulis) shalawat kepadaku dalam sebuah buku maka para malaikat selalu memohonkan ampun kepada Allah pada orang itu selama namaku masih tertulis dalam buku itu.

مَنْ سَرَّهُ أنْ يُلْقِى اللهَ وَهُوَ عَلَيْهِ رَاضٍ فَلْيُكْثِرْ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ

Barangsiapa yang ingin merasa bahagia ketika berjumpa dengan Allah dan Allah ridlo kepadanya, maka hendaknya ia banyak membaca shalawat kepadaku (Nabi).

مَا أكْثَرَ مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ فِيْ حَيَاتِهِ أَمَرَ اللهُ جَمِيْعَ مَخْلُوْقَاتِهِ أنْ يَسْتَغْقِرُوا لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ

Barangsipa membaca shalawat kepadaku di waktu hidupnya maka Allah memerintahkan semua makhluk-Nya memohonkan maaf kepadanya setelah wafatnya.

مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ ثُمَّ تَقًرَّقُوْا مِنْ غَيْرِ ذِكْرِ اللهِ وَصَلَاةٍ عَلَى النَّبِيِّ إلَّا قَامُوْا عَنْ أنْتَنَ مِنْ حِيْفَةٍ

Mereka yang berkumpul (di suatu majlis) lalu berpisah dengan tanpa dzikir kepada Allah dan membaca shalawat kepada nabi, maka mereka seperti membawa sesuatu yang lebih buruk dari bangkai.

Para ulama sepakat (ittifaq) diperbolehkannya menambahkan lafadz ‘sayyidina’ yang artinya tuan kita, sebelum lafadz Muhammad. Namun mengenai yang lebih afdhol antara menambahkan lafadz sayyidina dan tidak menambahkannya para ulama berbeda pendapat.

Syeikh Ibrahim Al-Bajuri dan Syeik Ibnu Abdis Salam lebih memilih bahwa menambahkan lafadz sayyidina itu hukumnya lebih utama, dan beliau menyebutkan bagian ini melakukan adab atau etika kepada Nabi. Beliau berpijak bahwa melakukan adab itu hukumnya lebih utama dari pada melakukan perintah (muruatul adab afdholu minal imtitsal) dan ada dua hadits yang menguatkan ini.

Yaitu hadits yang menceritakan sahabat Abu Bakar ketika diperintah oleh Rasulullah mengganti tempatnya menjadi imam shalat subuh, dan ia tidak mematuhinya. Abu bakar berkata:

مَا كَانَ لِابْنِ أَبِيْ قُحَافَةَ أَنْ يَتَقَدَّمَ بَيْنَ يَدَيْ رَسُوْلِ اللهِ

Tidak sepantasnya bagi Abu Quhafah (nama lain dari Abu Bakar) untuk maju di depan Rasulullah.

Yang kedua, yaitu hadits yang menceritakan bahwa sahabat Ali tidak mau menghapus nama Rasulullah dari lembara Perjanjian Hudaibiyah. Setelah hal itu diperintahkan Nabi, Ali berkata

لَا أمْحُو إسْمَكَ أَبَدُا

Saya tidak akan menghapus namamu selamanya.

Kedua hadits ini disebutkan dalam kitab Shahih Bukhori dan Muslim.Taqrir (penetapan) yang dilakukan oleh Nabi pada ketidakpatuhan sahabat Abu Bakar dan ali yang dilakukan karena melakukan adab dan tatakrama ini menunjukkan atas keunggulan hal itu.

 

17 Responses to “Memanjatkan Sholawat”

  1. dini indah k Says:

    saya brtrmakasih skli kpd pak Haris yg telah bnyak brjuang untuk al-musthofa, tntux dlm d sholawat dan redaksi!!! pak jngan tnggalkan kita semua ya pak….!! klw tdk ada bpk gmn dngan ank2 redaksi!! qt smua cyang sm pak haris. I Lup U pull pak haris, jngan tnggalkan qt ya pak!!

  2. Ummi Ahmad Asrofi Arton Says:

    puji syukur akhirnya almusthofa bisa mengeluarkan album sholawat, saya bangga atas hasil karyanya, salut buat pak Haris atas perjuangannya bisa meluncurkan album sholawat almusthofa, hingga madrasah yang terletak dipinggiran mampu menembus dapur rekaman saya yakin padahal itu tak mudah untuk semua itu, saya akui saat pertama kali saya mendengar lagu2 sholawat almusthofa saya langsung jatuh hati, irama yang beda dengan sholawat2 yang pernah saya dengar, dan semoga bisa secepatnya bisa menluncurkan album ke dua, dan bisa membawa nama besar almusthofa. buat pak haris ku tunggu ya hasil karya saya jatuh hati dengan hasil karya engkau, dan maaf ya saya juga jatuh hati denganmu. you always in my heart

  3. siti masriful ulla(XI IPS) Says:

    menurut saya.,shalawat kalau diliat2ada yang kurang dalam cara berkostum dan dalam gerak-gerik cara menarinya/dalam menghayati lagunya tapi group shalawat al-musthofa sudah bagus,maka dengan adanya saran ini semoga group shalawat bisa memperbaikinya.dan buat group shalawat al-musthofa semakin maju teruz…,

  4. dera dwi sasanti putri(XI ips) Says:

    shalawat itu menurut saya kurang begitu bagus. . .secara tidak di sengaja saya memperhatikan bahwa kurang begitu bagus bahwa kostumnya kurang glamor. . .and tata cara mengatur barisanya sangat berantakan . . .intinya dalam mengatur tata cara khosidah tdak jauh dari kekompakan para kontestannya . . .

  5. Endang erviana(XI ips) Says:

    sholawat al musthofa itu sebenarnya menarik tetapi lagunya dan nadanya terlalu ribet . . .menurut saya sholawat al musthofa dirubah yang sungguh sungguh menarik . . .dan hal pakaian dan lagunya . . .

  6. Endang erviana(XI ips) Says:

    sholawat al musthofa itu sbenarnya menrik tetapi lagunya dan nadanya terlalu ribet . . .menurut saya sholawat al musthofa dirubah yang sungguh sungguh menarik . . .dan hal pakaian dan lagunya . . .

  7. Helmida Surya ningati(XI ips) Says:

    Al musthofa mempunyai seni yaitu sholawat tetapi sholawatnya tdak sebagus sholawat yang lain . . .karena pakaiannya terlalu ribet dan lagunya tidak mengundang rasa simpati sama sekali . . .menurut saya sholawatnya harus dirubah secepatnya supaya bagus dan menarik simpati orang . . .

  8. Siti Nur Kholifah (XI ipa) Says:

    menurut pendapat saya . . .baju yang dipakai kebesaran jadi kelihatannya seperti badannya gemuk semua . . .and kurang make-up . . . .ya sudahlah . . . .ya sabarlah . . . .OK . . . .! ? ! ?

  9. Nunuk Wahyu Ningtyas(XI ips) Says:

    pak sholawatnya sih bgus bagus ae . . . .enak didenger . . .tpi sayangnya make-up nya kurang menor and bajunya itu lho duweso so so . . . .kyok wong tuwek and jogetannya itu lho pancet . . . .

  10. Ryan Ariska (XI ips ) Says:

    menurut saya penarinya kurang bagus and cara berpakaiannya kurang bgus and Make-up nya kurang tebal. . . . . . . . . /.

  11. Nur Aschabul Jannah (XI ipa) Says:

    menurut saya sholawat al musthofa musiknya enak didengar and suaranya merdu . . .tpi baju yang dipakai terlalu jadul . . . . .dan make-up kurang tebal . . . . .

  12. pipit sulangsih (XI ipa) Says:

    menurut pendapat saya sholawat al musthofa asyik and enak di dengar . . . .tpi saya tidak suka pakaiannya tidak menarik . . .and make-up nya terlalu tipis .. .

  13. Desy Rianingsih (XI ipa) Says:

    menurut saya sholawat al musthofa itu bagus and menarik tpi bajunya terlalu kebesaran . . . .and jogetannya tlong yang lebih bagus lagi . . .banyak yang kurang serempak and juga make-up nya kurang tebal bangeeeeeeeeeeeettttttttzzzzzzzzzzzzzzzzzz . . . . .

  14. Pengasuh Says:

    Semoga meski banyak kekuranganna yang mengkritik masih suka dengan lagu-lagunya. Jika melihat videonya memang banyak kekurangannya. Tapi kalau mendengarkan lagunya semoga bisa menjadi hati lebih lembut dan ingat Nabi Muhammad yang memberi syafaat kita nanti

  15. rochmatul muawana Says:

    menurut pendapat saya sholawat al mushtofa sangat menarik dan memberikan suasana islami sehingga yang melihat merasa tidak bosan,tapi lebih baiknya dalam menyanyikan lagu ekspresinya harus lebih menjiwai agar yang melihat merasa ingin menirukan bernyanyi, saran saya……..sholawat al musthofa harus dimajukan terus agar menambah wawasan yang berguna bagi siswa terutama saya,aku bangga sekolah di al mushtofa karena didikan dan bimbingan dari guru saya tau betapa pentingnya islam dan agama islam ,serta mematuhi syariatnya .semoga al musthofa lebih maju dan membanggakan ……..!!!!!dan menjadi sekolah panutan dari sekolah lainya.!!!!!!!!!!!!!!!!!

  16. rochmatul muawana (XI IPA) Says:

    menurut pendapat saya sholawat al mushtofa sangat menarik dan memberikan suasana islami sehingga yang melihat merasa tidak bosan,tapi lebih baiknya dalam menyanyikan lagu ekspresinya harus lebih menjiwai agar yang melihat merasa ingin menirukan bernyanyi, saran saya……..sholawat al musthofa harus dimajukan terus agar menambah wawasan yang berguna bagi siswa terutama saya,aku bangga sekolah di al mushtofa karena didikan dan bimbingan dari guru saya tau betapa pentingnya islam dan agama islam ,serta mematuhi syariatnya .semoga al musthofa lebih maju dan membanggakan ……..!!!!!dan menjadi sekolah panutan dari sekolah lainya.!!!!!!!!!!!!!!!!!

  17. m.burhanuddin(XI IPA) Says:

    mnurut pndpat saya sholawat al-musthofa tu da bgus skli tphi da krangx mngenai koztum dan garak-gerikx tphi dax sholawat al-musthofa scolahan bertambah maju n bkin bangga scolahan da siswax serta gru2xn kpan pak audisix d mulai aqwu pngen kut nie aqwu pgen bkin bngga scolahan qta sholawat al musthofa mog2 mju trus dan dpt lgu2 eank lbih enak d dnger sperty lgunx suliz


Tinggalkan Balasan

