Almusthofagroup's Blog

Just another WordPress.com weblog

Etika Bersholawat 7 September 2010

Filed under: Artikel — almusthofagroup @ 7:29 am

Sebelum kita berbicara banyak mengenai sholawat, ada baiknya kita baca dulu hadis berikut ini:

Barang siapa yang bersholawat kepadaku ditiap malam Jum’at seratus kali, maka Allah mengampuni dosa-dosanya walaupun dosanya sebanyak buih air di lautan.

Secara gamblang dalam hadis disebutkan begitu besar pahala yang akan kita terima jika kita mau memanjatkan sholawat kepada Junjungan kita Nabi Muhammad Saw.

Bersholawat dalam arti sempit adalah mendo’akan agar Allah Swt. Memberikan tambahan Rahmat kepada nabi, sedangkan dalam arti luas adalah setiap do’a, ucapan, sanjungan/pujaan yang kita tujukan kepada Nabi yang merupakan ungkapan rasa cinta kita kepadanya.

Dengan bersholawat kepada Baginda Rasul itu berarti kita telah memberikan bukti bahwa kita mencintainya. Karena dengan bersholawat berarti kita memohon kepada Allah Swt. Agar memberi tambahan Rahmat dan Kemulyaan kepada beliau.

Selain bersholawat bukti cinta kita kepada Nabi Muhammad Saw. adalah kita selalu mengingat, sering menyebut namanya, merindukannya bahkan tidak bosan-bosan membicarakannya kapanpun dan dimanapun kita berada dan dalam keadaan apapun.

Dengan alasan inilah maka kini banyak bermunculan kelompok-kelompok yang senantiasa menyenandungkan sholawat. Berbagai macam cara mereka tempuh untuk melantunkan sholawat tersebut, dari mulai hanya sekedar ucapan, dinyanyikan, hingga memakai musik agar lebih menarik. Dari sinilah kita mengenal “seni bersholawat” yang diiringi dengan berbagai alat musik baik yang tradisional hingga yang sudah modern.

Yang patut menjadi catatan adalah bersholawat dengan memakai musik tentu ada batasan-batasannya. Meskipun batasan itu tidak ada kriteria yang pasti tetapi tentu saja kita melihat dari sudut pandang akhlak, moral serta kepatutan dalam masyarakat terutama adat ketimuran. Dengan kata lain tidak sembarang aliran musik bisa kita masuki dengan sholawat.

Menyenandungkan sholawat tak boleh dijadikan ajang memperkaya diri. Janganlah kita berlindung di balik alasan bersholawat kepada Nabi, sholawat kita komersilkan untuk mencari keuntungan belaka. Atau untuk alasan hura-hura atau agar sholawat diminati anak muda sehingga musik rock, dangdut atau musik yang identik dengan goyangan kita pakai untuk menyenandungkan sholawat.

Jika demikian yang terjadi nuansa islami bukannya muncul malah hanya goyangan badan yang menggoda. Tentu hal ini jauh dari tujuan sholawat itu sendiri.

Singkatnya album sholawat Al-Musthofa yang sudah ada, sudah sesuai dengan koridor Islami, jika banyak siswa yang kurang suka, bukan albumnya yang disalahkan melainkan pemahaman kita yang mesti diluruskan dulu. (Oleh: Ihwanul Kirom,S.Ag.: Pembina Vokal & Khattat)

 

14 Responses to “Etika Bersholawat”

  1. ririn sdiawanti Says:

    askum..mmh..dari mna ya pak mengomentarinya buanyak banget…jdinya bingung..!!pkoknya sholawat almusthofa the best abiess deh.. suaranya nggk kalah sama penyanyi sulis pak maanntaapp…..
    tapi pak menurut saya dandanannya terlalu berlebihan,dan cara berpakaiannya jugah kurang afdol..maaf ya pak komentar saya terlalu lebay alias berlebihan..tapi suara,music.dan gaya menarinya sudah oke kok pak, oia saya berharap banget pak haris bisa mengeluarkan album yang kedua…pastinya harus lebih baik dari yang sebelumnya ya pakk… itu saja pak komentar saya.waskum

    nama:ririn isdiawanti
    kelas:XI ips
    blog:sholawatalmusthofa.wordpress.com

  2. imam syafi'i Says:

    Sekolah Al-Musthofa bisa meluncurkan sbuah album sholawat sudah sangat hebat, sholawatnya pun sangat enak di dngar dan di lihat mulai dari musik, suara dan cara menarinya…………
    semoga pak haris bisa segera meluncurkan album yang kedua,,,,,,,,,,,,,
    saya tunggu pak,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    nama:imam syafi’i
    kelas:XI ips
    blog:sholawatalmusthofa.wordpress.com

  3. syarifudin Says:

    Menurut saya sholawat Al-Musthofa sudah bagus, tapi kalau di lihat segi gambarnya busananya kurang menarik, dan semoga pak haris cepet mengeluarkan album yang kedua,…………

    nama:syarifudin
    kelas:XI ips
    blog:sholawatalmusthofa.wordpress.com

  4. Pengasuh Says:

    Terima kasih atas segala kritikannya. Oh ya sholawat al-Musthofa bisa muncul buka karena Pak Haris saja, tapi itu kerja tim. Jika masih ada kekurangan mohon dimaklumi. Doakan saja kekurangan itu bisa ditutupi pada album kedua nanti.

  5. afallohu angka H. Says:

    azkum pak ……. mnurut saya ce sholawat al-musthofa itu sangat bagus sekali dan enak di dengrin apa lagi nadax,tapi sebgian lgu sholawatnya ad yang kurang keras pak jd gak seimbang dg lgunya……,ma’af lho pak dan lagu favoritku ittttuu ‘”sakarotul maut ” soalnya enak bangtz apa lgi kalau di hayati pasti tmbh enk pak……….
    smga apa yang sudah di capai oleh pak haris tmbah manfa’aat di dunia maupun d’akhirat dan smga cepet ngluwarinnnn album keduanya zaaaaaaaaa…………….
    majuu teruuzz za pak… “‘good luck”‘
    asssaallamuala’ikuuummm pak harizzzzz……

    nama;afallohu angka H.
    kelas:XI IPA
    sholawatalmusthofa.wodpress.com

  6. album Al mustoga sekarng sudah ada kemajuan, dengan adanya audisi kemaren, sehingga melahirkan generasi baru yang lebih baik, dan shalawat menjadi terus berkembang dan menjadi lebih baik,

  7. Anonim Says:

    album shalawat al musthfa skarang sangat baik cz dg audisi kmaren dapat melahirkan generasi yang sangat baru dan berbakat

  8. Anonim Says:

    dengan audisi shalawat kemaren dapat melahirkan generasi yang lebih baik dan berbakat smoga tambah sukses untuk generasi berikutnya
    SAIFUL ARIF XII IPS

  9. Anonim Says:

    smoga ketahun yang depan lebih baik dari tahun sekarang…

    miftakur khoir xii ips

  10. Anonim Says:

    Abum almustofa sekarang udh ada kemajuan dengan adanya audisi kemaren melahirkan generasi lebih baik dan moga terus berkembang [machfud anshori X11 IPS ]

  11. Anonim Says:

    dengan adanya etika bersholawat tersebut semoga saja album sholawat di tahun ke depan akan menjadi lebih baik sedaerah jawa timur,dan akan menjadi yang nomer satu.amiiiiiin.

  12. Anonim Says:

    dengan adanya etika bersholawat tersebut semoga saja album sholawat ditahun kedepan akan menjadi lebih baik sedaerah jawa timur,dan akan menjadi yang nomer satu.amiiiiiiiiiiiin.ADE WIJAYA XII IPS

  13. volume satu menurut saya lagu lagunya banyak yang mirip sehingga terkesan monoton…alangkah baiknya jika lagu satu dengan yang lainnya kesannya sama sekali berbeda…baik gaya lagu maupun musiknya…dengan demikian pendengar tak akan cepat bosan….namun almusthofa sudah menunjukkan kreatifitasnya…ini tentunya sudah mempunyai nilai tambah dari sekolah yang lain….

  14. shintya Says:

    menurut pendapat saya , album sholawat volume 1 bagus sekali baik kostumnya dan suaranya, tapi kalau yang volume 2 menurut saya yang kurang itu dari kostumnya pak,”

    SHINTYA AINI ZURO(XI-IPA)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s