Almusthofagroup's Blog

Just another WordPress.com weblog

Terkenang Masa Lalu dengan Shalawat Tarhim yang Indah 6 Februari 2011

Filed under: Uncategorized — almusthofagroup @ 5:11 am


Saat itu menjelang shalat Subuh, saya sudah terbangun dari tidur. Lamat-lamat dari kejauhan terdengar kumandang lantunan bacaan dalam Bahasa Arab dari sebuah masjid. Sangat syahdu dan indah suaranya. Lantunan bacaan — yang kemudian saya ketahui sebagai sebuah shalawat — itu mengingatkan saya kembali ke masa lalu, masa-masa kecil di Padang. Dulu, ketika saya masih seusia SD, orangtua saya selalu rajin mengajak saya shalat Subuh di Masjid Istiqamah, terutama pada bulan Ramadhan. Dari rumah kami berjalan kaki menuju masjid yang jaraknya 400 meter. Dari kejauhan terdengar suara lantunan shalawat tadi mengiringi langkah kaki saya. Meskipun saya tidak tahu artinya, namun saya sangat meresapinya. Suara qori yang melantunkannya sangat indah, begitu terpesona saya mendengarnya. Wahai, siapa pemilik suara yang indah itu, apakah orangnya masih hidup? Semoga Allah SWT membalas kebajikannya karena telah mengalunkan shalawat yang membuat hati siapa pun bergetar mendengarnya.
Sekarang memori masa kecil itu kembali terbayang di kepala saya setelah mendengar bacaan shalawat tadi. Lama saya mencari-cari bacaan apa itu namun tidak bertemu. Untunglah dengan adanya internet dan Youtube, akhirnya saya berhasil memperolehnya jua. Belakangan saya baru tahu nama bacaan shalawat yang diputar di masjid tadi adalah Shalawat Tarhim (FYI, shalawat adalah bacaan yang berisi kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW). Apakah anda pernah mendengar bacaan shalawat yang syahdu tersebut, yang membawa anda terkenang ke masa lalu?
Sungguh indah mendengarkan shalawat tadi, apalagi ditunjang oleh suara qori yang merdu. Hati merasa bergetar mendengarkannya, dan tanpa terasa mata saya jadi basah karena terharu. Shalawat Tarhim itu membuat saya terkenang pada ayah dan ibu yang telah mendidik saya dengan ajaran agama sejak kecil, terutama kepada almarhum ayah saya yang telah mengenalkan shalat subuh di masjid bersama-sama dari rumah. Ketika orang-orang masih terlelap dalam tidurnya, kami berjalan bersama-sama menuju masjid, dan Shalawat Tarhim tadi mengiringi langkah kaki kami menuju masjid.
Beginilah bunyi Shalawat Tarhim yang indah itu beserta terjemahannya (dikutip dari sini):
Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk
Yâ imâmal mujâhidîn yâ Rasûlallâh
Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk
Yâ nâshiral hudâ yâ khayra khalqillâh
Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk
Yâ nâshiral haqqi yâ Rasûlallâh
Ash-shalâtu was-salâmu ‘alâyk
Yâ Man asrâ bikal muhayminu laylan nilta mâ nilta wal-anâmu niyâmu
Wa taqaddamta lish-shalâti fashallâ kulu man fis-samâi wa antal imâmu
Wa ilal muntahâ rufi’ta karîman
Wa ilal muntahâ rufi’ta karîman wa sai’tan nidâ ‘alaykas salâm
Yâ karîmal akhlâq yâ Rasûlallâh
Shallallâhu ‘alayka wa ‘alâ âlika wa ashhâbika ajma’în
Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu
duhai pemimpin para pejuang, ya Rasulullah
Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu
duhai penuntun petunjuk Ilahi, duhai makhluk yang terbaik
Shalawat dan salam semoga tercurahkan atasmu
Duhai penolong kebenaran, ya Rasulullah
Shalawat dan salam semoga tercurahkan padamu
Wahai Yang Memperjalankanmu di malam hari Dialah Yang Maha Melindungi
Engkau memperoleh apa yang kau peroleh sementara semua manusia tidur
Semua penghuni langit melakukan shalat di belakangmu
dan engkau menjadi imam
Engkau diberangkatkan ke Sitratul Muntaha karena kemulianmu
dan engkau mendengar suara ucapan salam atasmu
Duhai yang paling mulia akhlaknya, ya Rasulullah
Semoga shalawat selalu tercurahkan padamu, pada keluargamu dan sahabatmu. (Abdul Haris)

 

One Response to “Terkenang Masa Lalu dengan Shalawat Tarhim yang Indah”

  1. Tarhim dikumandangkan oleh Syeih mahmud Kholil alkhusori. Seorang Qori’ legendaris dari mesir yang telah wafat pada tahun enam puluhan . Tajwidnya jadi tolok ukur qori indonesia dan jadi tolok ukur di setiap musabaqoh tilawatil qur’an.
    Syeh mahmud adalah qori’ yang tajwidnya paling sempurna dari qor’-qori’ mesir lainnya. Setiap orang islam di indonesia pasti kenal dengan suara tarhim syeh mahmud. Tak ada yang mampu menggantikannya. …..


Tinggalkan Balasan

